Kiamat Sudah Dekat?

0
10/31/2013 08:00:00 PM
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Bismillahirrahmaanirrahiim.

Allahumma Sholli 'ala sayyidinaa, wa habiibina, wa syafii'ina, wa maulaanaa muhammad Sholallahu 'alaihi wasallam.

Tentunya kita semua tau apa yg dimaksud dengan kiamat, kiamat adalah kejadian hancurnya seluruh alam semesta. Tetapi kita semua tidak tau kapan terjadinya kiamat.

"Kenapa kita ngga tau kapan terjadinya kiamat?"

Karena kita hanya manusia biasa yg tidak tau apa-apa, bahkan Nabi-nabi dan para Malaikat pun tidak mengetahui kapan terjadinya kiamat.

"Tapi kan banyak yg udah ngeramal kalo kiamat itu bakal terjadi tahun sekian. Ada yg bilang kalo kiamat itu bakal terjadi tahun 2025, tahun 2036, dll. Bahkan penyebab terjadinya kiamat itu udah ada yg tau?"

Kiamat itu tidak diketahui oleh siapapun, oleh manusia super pintar, super jenius, dan super-super lainnya. Kapan terjadinya kiamat itu hanya Allah SWT yg tau. Allah SWT tuhan semesta alam. Dan hanya Allah SWT lah yg berhak menentukan kapan terjadinya kiamat.

"Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: 'Bilakah terjadinya?' Katakanlah: 'Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba.' Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: 'Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.'" (Q.S. Al-A'raaf : 187)

"Kenapa Allah SWT ngga ngasih tau kita kapan terjadinya kiamat?"

Jika sewaktu kita mengetahui datangnya kiamat itu masih sangat lama, maka kita akan bersenang-senang dan berhura-hura dengan kehidupan dunia. Dan ketika kita mengetahui datangnya kiamat itu sudah dekat, maka kita akan sangat mendekatkan diri kepada Allah SWT karena kita mengetahui bahwa kiamat sudah dekat dan seakan-akan kita mendekatkan diri kepada Allah SWT bukan karena kita beriman kepada Allah SWT, melainkan kita hanya takut akan datangnya hari kiamat yg sudah dekat dan ketika kiamat itu waktunya sudah sangat dekat, kita baru berlindung kepada Allah SWT. 


Itu sama saja kita sudah mencirikan bahwa kita adalah orang munafik. Karena kita berlindung dan mendekatkan diri kepada Allah SWT hanya karena kita tau bahwa kiamat sudah dekat, sedangkan sewaktu kita tau bahwa kiamat masih sangat lama, kita mendurhakai Allah SWT. Makanya Allah SWT ngga ngasih tau manusia kapan terjadinya kiamat.

Tapi kita sebagai Ummat Islam harus sangat barsyukur, karena meskipun kita tidak mengetahui kapan datangnya kiamat, tapi kita dikasih tau tanda-tanda datangnya kiamat. Darisinilah kita membuktikan bahwa Allah SWT Maha Penyayang, Allah SWT ngasih tau kita tanda-tanda kiamat di Al-Qur'an dan Hadits Nabi karena Allah SWT sayang sama kita.

"Bener kiamat udah dekat?"

Bener. Ga percaya? Nih Haditsnya :

Hadis riwayat Sahal bin Saad ra., ia berkata:  Aku mendengar Nabi saw. bersabda sambil memberikan isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah: Waktu aku diutus (menjadi rasul) dan waktu hari kiamat adalah seperti ini (mengisyaratkan dekatnya waktu kiamat). (Shahih Muslim No.5244)

Kiamat itu memang udah dekat, dan tanda-tandanya pun zaman sekarang udah banyak yg terbukti.

"Apa tanda-tanda kiamat?"

Bismillahirrahmaanirrahiim.

Nih saya kasih tau isi Haditsnya :

1. Seorang Arab Badui bertanya, "Kapankah tibanya kiamat?" Nabi Saw lalu menjawab, "Apabila amanah diabaikan maka tunggulah kiamat." Orang itu bertanya lagi, "Bagaimana hilangnya amanat itu, ya Rasulullah?" Nabi Saw menjawab, "Apabila perkara (urusan) diserahkan kepada orang yang bukan ahlinya, maka tunggulah kiamat." (HR. Bukhari)

"Apabila perkara (urusan) diserahkan bukan kepada ahlinya,..." Tanda yg pertama ini menurut saya sudah terbukti, contohnya : Banyak artis yg jadi anggota DPR, padahal belum tentu mereka (artis anggota DPR) mengerti secara mendalam tentang pekerjaan (amanah) yg diemban/dikerjakannya. Tentunya masih banyak yg berhak dan masih banyak yg lebih mengerti tentang bagaimana cara mengurus negara yg baik daripada para artis tsb. Mungkin kamu tau lebih banyak tanda yg udah terbukti dari tanda kiamat dari Hadits diatas daripada saya.

2. Belum akan terjadi kiamat sehingga anak selalu menjengkelkan kedua orang tuanya, banjir di musim kemarau, kaum penjahat melimpah, orang-orang terhormat (mulia) menjadi langka, anak-anak muda berani menentang orang tua serta orang jahat dan hina berani melawan yang terhormat dan mulia. (HR. Asysyihaab).

Hadits yg kedua juga udah banyak yg terbukti, contohnya :
- Udah banyak sekarang anak-anak dan remaja yg menjengkelkan kedua orang tuanya, seperti susah dinasihati, kalo disuruh orang tua suka ngga mau, susah disuruh sholat, susah disuruh pake kerudung dan susah-susah lainnya. Apa itu ngga menjengkelkan?

- "Kaum penjahat melimpah,..." Zaman sekarang udah banyak para penjahat yg berkedok sebagai orang baik, tapi ternyata dalam hatinya bertentangan dengan kelakuannya. Para koruptor, para pembunuh, para perampok, sudah merajalela.

- "orang-orang terhormat (mulia) menjadi langka,..." Tentunya kita tau bahwa sudah banyak para Ulama, Habaib dan para Ustadz di Indonesia yg sudah menghadap ke Hadirat Allah SWT. Semoga Amal Ibadah mereka diterima disisi Allah SWT, Aamiin.Dan kebanyakan dari mereka adalah orang yg sangat berjasa yg telah menegakkan agama Allah dibumi pertiwi.

3. Belum akan datang kiamat sehingga manusia berlomba-lomba membangun dan memperindah masjid-masjid. (HR. Abu Dawud)

Hadits yg ketiga ini juga sudah sangat terbukti, Zaman sekarang banyak masjid-masjid yg megah, yg dibangun dengan menggunakan banyak sekali uang. Tetapi, orang-orang yg sholat berjamaah dimasjid tersebut masih sedikit. Sholat jama'ah Shubuh masih bisa dihitung dengan jari, jama'ah zhuhur masih sangat sedikit, jama'ah ashar apalagi dan Isya yg masih sedikit.

4. Di antara tanda-tanda kiamat ialah ilmu terangkat, kebodohan menjadi dominan, arak menjadi minuman biasa, zina dilakukan terang-terangan, wanita berlipat banyak, dan laki-laki berkurang sehingga lima puluh orang wanita berbanding seorang pria. (HR. Bukhari)
 

"arak menjadi minuman biasa,..." Sekarang sudah banyak minuman beralkohol yg bermerk diperdagangkan ditoko-toko swalayan, bahkan diwarung biasa pun sudah ada yg menjualnya, ini tanda yg sudah terbukti.

5. Belum akan datang kiamat sehingga manusia berlomba-lomba dengan bangunan-bangunan yang megah. (HR. Bukhari)

6. Belum akan tiba kiamat sehingga merajalela 'Alharju'. Para sahabat lalu bertanya, "Apa itu 'Alharju', ya Rasulullah?" Lalu beliau menjawab,"Pembunuhan... pembunuhan..." (HR. Ahmad)

7. Saat akan tiba kiamat, jaman saling mendekat. Satu tahun seperti sebulan, sebulan seperti seminggu, seminggu seperti sehari, sehari seperti satu jam dan satu jam seperti menyalakan kayu dengan api. (HR. Tirmidzi)

Tanda ini juga sudah sangat terbukti, contohnya : Waktu adzan sekarang terasa lebih cepat daripada waktu adzan pada tahun-tahun sebelumnya dan misalnya kita menganggap bahwa sekarang masih bulan juli, padahal kenyataanya sekarang sudah bulan september. Darisinilah kita merasa bahwa sekarang waktu berjalan begitu cepat, tetapi hanya sedikit dari kita yg menyadarinya.

8. Demi yang jiwa Muhammad dalam genggaman-Nya. Tiada tiba kiamat melainkan telah merata dan merajalela dengan terang-terangan segala perbuatan mesum dan keji, pemutusan hubungan kekeluargaan, beretika (berakhlak) buruk dengan tetangga, orang yang jujur (amanat) dituduh berkhianat, dan orang yang khianat diberi amanat (dipercaya). (HR. Al Hakim)

"... dan orang yang khianat diberi amanat (dipercaya)." Contohnya : Koruptor.

9. Banyak wanita yang berpakaian tetapi hakikatnya telanjang. Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. "Di antara tanda-tanda telah dekatnya hari kiamat ialah akan muncul pakaian-pakaian wanita dan apabila mereka memakainya keadaannya seperti telanjang."

Tanda yg ini juga sudah terbukti. Banyak wanita zaman sekarang yg memakai celana pendek, baju dan celana yg ketat sehingga lekukan tubuh terlihat jelas. Pada hakikatnya mereka telanjang meskipun mereka memakai pakaian. Bahkan, orang yg berkerudung pun masih banyak yg memakai celana jeans ketat.

10. Merajalela alat musik."Pada akhir zaman akan terjadi tanah runtuh, rusuhan dan perubahan muka."Ada yang bertanya kepada Rasulullah; "Wahai Rasulullah bila hal ini terjadi?" Baginda menjawab;"Apabila telah bermaharajalela bunyi-bunyian (musik) dan penyanyi-penyanyi wanita" - Ibnu Majah

11. Mengucapkan salam kepada orang yang dikenalnya saja."Sesungguhnya di antara tanda-tanda telah dekatnya hari kiamat ialah manusia tidak mahu mengucapkan salam kepada orang lain kecuali yang dikenalnya saja." - Riwayat Ahmad

12. Munculnya Dajjal, Imam Mahdi, dan munculnya nabi palsu.

- Hadis riwayat Abu Hurairah ra.:  Dari Nabi saw., beliau bersabda: Kiamat tidak akan terjadi sebelum dibangkitkan dajjal-dajjal pendusta yang berjumlah sekitar tiga puluh, semuanya mengaku bahwa ia adalah utusan Allah. (Shahih Muslim No.5205)

13. Terbitnya matahari dari sebelam barat dan tenggelam di sebelah timur. Hal tersebut merupakan kebalikan dari keseharian matahari terbit dari timur dan tenggelam dari sebelah barat.

14. Turunya Isa Almasih ke bumi.

15. Hampir tibanya fitnah dan terbukanya dinding Yakjuj dan Makjuj

- Hadis riwayat Zainab binti Jahsy ra.:  Bahwa Nabi saw. bangun dari tidurnya sambil bersabda: Laa ilaaha illallaah, celakalah orang-orang Arab karena suatu bencana akan terjadi, yaitu hari ini dinding (bendungan) Yakjuj dan Makjuj telah terbuka sebesar ini. Dan Sufyan (perawi hadis ini) melingkarkan jarinya membentuk angka

sepuluh (membuat lingkaran dengan jari telunjuk dan ibu jari). Aku (Zainab binti Jahsy) bertanya: Wahai Rasulullah, apakah kita semua akan binasa padahal di antara kita banyak terdapat orang-orang saleh? Beliau menjawab: Ya, jika banyak terjadi kemaksiatan. (Shahih Muslim No.5128)

- Hadis riwayat Abu Hurairah ra.:  Dari Nabi saw., beliau bersabda: Hari ini dinding Yakjuj dan Makjuj telah terbuka sebesar ini. Wuhaib (perawi hadis) melingkarkan jarinya membentuk angka sembilan puluh (menekuk jari telunjuk sampai ke pangkal ibu jari). (Shahih Muslim No.5130)


16. "Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami[1108]." [1108]. Yang dimaksud dengan perkataan di sini ialah ketentuan datangnya masa kehancuran alam. Salah satu dari  tanda-tanda kehancuran alam ialah keluarnya sejenis binatang melata yang disebut dalam ayat ini. (Q.S. An - Naml : 82)

17. Hari kiamat tidak akan terjadi sebelum sungai Euphrat menyingkap gunung emas

- Hadis riwayat Abu Hurairah ra.:  Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Hari kiamat tidak akan terjadi sebelum sungai Euphrat menyingkap gunung emas, sehingga manusia

saling membunuh (berperang) untuk mendapatkannya. Lalu terbunuhlah dari setiap seratus orang sebanyak sembilan puluh sembilan dan setiap orang dari mereka berkata:  Semoga akulah orang yang selamat. (Shahih Muslim No.5152)

18. Kiamat tidak akan terjadi sebelum api muncul dari tanah Hijaz

- Hadis riwayat Abu Hurairah ra.:  Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Kiamat tidak akan terjadi sebelum api muncul dari tanah Hijaz yang dapat menerangi leher-leher unta di Basrah. (Shahih Muslim No.5164)


 

Mungkin hanya sampai sini saja tanda-tanda kiamat yg saya tulis. Tentunya masih banyak tanda-tanda kiamat yg lainnya yg belum saya tulis dan belum saya ketahui. Semoga kita termasuk golongan yg diselamatkan Allah SWT pada Hari Kiamat. Aamiin

Wallahu a'lam bishshowab.

Syukron udah baca. :)
Mohon maaf bila ada salah ketik/salah kata, jika ada kesalahan mohon dibenarkan. Saling mengingatkan dalam kebaikan itu termasuk ibadah.

 

0 comments: