Cara Mengubah Format Partisi MBR ke GPT

33
11/22/2013 01:17:00 AM
       Berhubung saya sedang mempelajari tentang MBR dan GPT karena saya masih penasaran dengan format disk GPT, maka saya akan memposting tentang cara mengubah format disk MBR ke format disk GPT. Kali ini saya mendapat artikel yang berbahasa inggris. Tapi, saya akan mentranslatenya dengan bahasa yang saya mengerti. Maaf kalo belepotan hasil translatenya, maklum masih harus banyak belajar Bahasa Inggris. :) hehe

Oke, langsung ke postingan. Cekidot  

SEBELUM MENGUBAH FORMAT DISK MBR KE FORMAT GPT, SEBAIKNYA BACK UP TERLEBIH DAHULU DATA YANG ADA PADA HARDDISK ANDA AGAR DATA TIDAK TERHAPUS !

       Ada beberapa langkah untuk mengubah format disk yang kita miliki pada Laptop/PC/Notebook yang kita punya.

Langkah Pertama : Mengubah format MBR ke format GPT menggunakan  EaseUS Partition Master.

EaseUs Partition Master hanya bisa mengubah disk (cakram) yang kosong tanpa partisi. Hapus terlebih dahulu semua partisi yang ada pada disk (cakram). Kami menyarankan anda untuk mem-back up data yang ada pada disk (cakram) yang anda punya sebelum diubah oleh built-in Copy Wizard of EaseUS Partition Master. Baca artikel ini untuk langkah yang lebih detail : Disk Copy Wizard di EaseUS Partition Master untuk melindungi data.

1. Jalankan EaseUS Partition Master. Klik kanan disk (cakram), lalu pilih "Delete all partitions"

2. Klik "OK" untuk menghapus.

3. Pilih disk (cakram) yang kosong, lalu klik kanan dan pilih "Initialize to GPT".

Initialize to GPT disk 

4. Klik "Apply" untuk menjalankan kembali operasi yag tertunda. Sekarang disk (cakram) sudah berformat GPT.

Langkah Kedua : Mengubah format disk MBR ke GPT menggunakan Disk Management.

1. Klik kanan "My Computer", lalu pilih "Manage", setelah itu pilih "Disk Management."


2. Hapus semua data yang ada pada hard disk MBR yang akan anda ubah ke GPT disk.

Delete all volumes

3. Klik kanan pada hard disk yang akan anda ubah lalu pilih "Convert to GPT disk". Setelah anda mengubah MBR disk ke GPT disk, anda bisa membuat partisi baru didalam MBR disk yang telah anda ubah ke GPT disk.

Convert MBR disk to GPT disk 

Langkah Ketiga : Mengubah MBR disk ke GPT disk menggunakan Command DISKPART

Cara ini akan mengubah Disk 1 ke GPT disk.

1. Jalankan "Command Promp" dengan menekan tombol "Windows + R", lalu ketikkan "cmd" lalu enter.

2. Kemudian ketikkan "DISKPART" lalu tekan enter.

3. Ketik "LIST DISK" lalu tekan enter.

diskpart command: list disk 

4. Pilih Disk 1 dengan cara mengetikkan "SELECT DISK 1" lalu tekan enter.

5. Ketik "DETAIL DISK" lalu tekan enter. Langkah ini akan memberikan informasi tentang semua volume yang ada pada disk (cakram) yang dipilih (disk 1). Jika anda tidak mempunyai volume di dalam hard disk, anda bisa langsung lihat langkah ke 9.

diskpart command: detail disk

6. Ketik "SELECT VOLUME 5" (disk yang akan diubah ke format GPT) lalu enter.

7. Ketik "DELETE VOLUME" lalu enter.

8. Lakukan berulang kali langkah 6 dan 7 sampai anda menghapus semua volume yang ada pada disk yang dipilih.

diskpart command: delete volume

9. Ketik "SELECT DISK 1" lalu tekan enter.

10. Ketik "CONVERT GPT" untuk mengubah format disk MBR ke GPT lalu tekan enter.

diskpart command: convert gpt 

11. Ketik "Exit" untuk keluar dari Command Prompt lalu enter.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan kunjungi web aslinya : www.partition-tool.com 

       Saya menyarankan anda untuk menggunakan cara yang menggunakan Command Prompt (DISKPART), menurut saya cara tersebut lebih mudah dimengerti dan lebih mudah untuk dipraktekkan.

Sekian artikel yang saya post, semoga bermanfaat. :)

33 comments:

  1. Kalau merubah format harddisk itu, semua partisi atau bisa 1 partisi aja gan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua partisi gan. Soalnya partisi itu harddisk yg dibagi jadi beberapa bagian.
      Yaa kalo format harddisknya berubah, otomatis format partisinya juga berubah. Sebelum merubah format harddisk, ada baiknya agan backup dulu data2 penting yg ada di laptop/pc agan. Makasih udah mampir :)

      Delete
    2. Hirens 2018 New Generation Support HDD GPT + UEFI-CSM READY!
      cobain open source project rancangan ane gan >

      IT Tools Pack Solution

      (Tersedia Acronis 2018 + Norton Ghost + Minitool Partition Wizard Technician 9.1 + DLL)

      #SalamSatuTeknologi

      Delete
  2. Kalo OS nya terlanjur di format gimana gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terlanjur diinstall ulang terus semua datanya ilang/kedelete?
      Makanya gan sebelum merubah format harddisk, backup dulu data yg ada dilaptop/pc agan supaya ga kehapus.
      kalo udah terlanjur begitu, semua datanya gabakal bisa balik lagi. :)

      Delete
    2. Pake eksternal aja diformat dulu menggunakan Hard Disk Low Level Format Tool insya allah dijamin tokcer

      Delete
  3. gan, nih kan ane rela dah dihapus semua partisinya, tapi nanti kalau di new bisa lagi apa engga?

    ReplyDelete
  4. new apanya? datanya atau partisinya?
    kalo partisinya bisa bikin baru lagi. Kalo data paling kehapus hehe makanya dibackup dulu datanya gan

    ReplyDelete
  5. makasih banyak tentang ilmunya...

    ReplyDelete
  6. kalo mau merubah MBR ke GPT melalui cmd.
    apakah data-data kita juga akan hilang Om..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, saya pake cmd buat ganti format disk. Backup dulu datanya sebelum mengganti format disk menjadi gpt. :)

      Delete
  7. Klo disk nya cuman 1 gmana (easeus)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emangnya berapa ya disk di komputer? hehe
      yaa gitu gan, bisa diganti ke GPT ato sebaliknya. Jgn lupa, backup dulu data yg agan punya hehe

      Delete
  8. mas saya kan mau install ulang laptop saya,dari windows 7 ke 8,kan harus gpt dulu kan ? klo ntr disk c nya di remove ntr ga bisa apa" dong ? kan cnya ke format,ada pendapat mas ? makaih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, nanti kan kita bikin partisi lagi melalui cmd diskpart. Nah, disitu kita mau bikin berapa partisi aja terserah. Nanti Install windowsnya melalui command prompt :)

      Delete
  9. kalau yang dirubah dari MBR ke GPT itu flash disk nya bisa nggak gan? soalnya fdnya mau di buat bootable sedangkan format hardisknya GPT dan OS di partisi C nya udah terlanjur di format jadi nggak bisa gnti dari comand prompt

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo flashdisk paling formatnya kalo ga FAT32, exFAT, dll. kalo mau buat bootable biasanya ane pake format FAT32. Bisa kok ganti format disk pake cmd lewat installan windowsnya

      Delete
  10. Gan, laptop ane vaio seri E, ane coba instal win7 64 bit (instalan berhasil). Tp rencana ane pingin hapus partisi (di nolin lagi) kok pas ane delet partisi D ama E gk bisa y. Tanya mbah google katanya rubah dulu uefi ke legacy tp di bios ny gk ada setingan utk merubah itu.

    Mohon solusiny

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, kalo vaio ane belum paham bener. coba aja format disknya lewat cmd jgn lewat bios, kalo ganti format disk pake bios ane belum coba. Tapi kayanya gabisa deh format hard disk pake bios

      Delete
  11. Klo agan-agan bingung pake aja Hard Disk Low Level Format Tool tapi harus menggunakan eksternal insya allah dijamin tok cer

    ReplyDelete
  12. gan kalau semua dah terlanjur di format gmn??? saya kan mau instal windows 8, nah system n hardisk dah saya format.. masalah yg timbul, minta diinstal dalam format gpt.. g mau dimbr,,, cara merubahnya gmn gan? dengan catatan semua system dah saya format

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok merubah format hard disk lewat installan windowsnya, nanti merubah formatnya memakai cmd. Ada juga installan windows 8 lewat flashdisk yg tidak perlu merubah format hardisk dari mbr ke gpt, tapi jarang.

      Delete
  13. harusnya peringatannya di taruh di awal gan.., :D

    ReplyDelete
  14. law uda terformat partisinya geng gimana cara merobah format gpt ke mbr geng

    ReplyDelete
  15. cara mengembalikan windows bootloader

    ReplyDelete
  16. ka' saya mau nanya nih apakah partisi mbr bisa di convert ke gpt,kemudian kk bagaimana cara kembalikan uefinya,windows boot loadernya mohon soslusinya kk,maklum baru pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. partisi bisa di convert dari mbr ke gpt ataupun sebaliknya. saya kalo kasusnya kaya gitu paling mentok install ulang atau bisa juga pake cara automaic repair atau system restore menggunakan installan windows dari flashdisk/cd :)

      Delete
  17. saya belum sempat rubah GPT ke MBR, tapi saat instal sudah terlanjur format C.. saat instal, tidak dapat diproses, W7 dan W8 gak dapat terdeteksi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo windows yg dulu pasti ga terdeteksi, soalnya C udah ke fomat, tapi kalo installan windows yg melalui flashdisk/cd pasti terdeteksi

      Delete